Konteks dunia tempat gereja lahir


Ketika gereja hadir, secara politik dunia saat itu sedang dikuasai serta terbagi atas dua negara besar yaitu:
·        Kekaisaran Romawi, yang wilayahnya diliputi daerah-daerah asia barat(sekitar laut tengah)
·        Kekaisaran partia/Persia, yang wilayahnya meliputi daerah sekitar asia tengah (negara Irak dan Iran sekarang)
·        Wilayah kekaisaran romawi yang luas dan kuat tersebut merupakan kesatuan yang kokoh dan kuat.
·        Pemerintahan Romawi berpusat dalam tangan kaisar, yang di mulai sejak Kaisar Augustus berkuasa di romawi(k.l 29 Sm)
·        Kebudayaan serta peradaban yang berkembang dalam wilayah kekaisaran Romawi adalah kebudayaan helenisme (yaitu system kebudayaan percampuran antara Yunani-Romawi)
Konteks/keadaan keagamaan
·        oleh berbagai pergolakan serta perubahan zaman, kebanyakan orang pada masa tersebut telah kehilangan ketentraman jiwanya. Dimana adat istiadat yang baik sudah roboh dan kesopan telah surut.
·        Ilah-ilah yang dulunya disembah sekarang telah dianggap hilang kuasanya. Dasar rohani kehidupan manusia telah terguncang.
·        Walaupun agama Yunani-Romawi masih diakui sebagai agama negara yang resmi, tetapi sudah dianggap kolot dan kurang berharga oleh banyak orang yang sedang asyik untuk mencari kedamaian atau ketentraman jiwa.
Lingkungan Yahudi tempat awal mula gereja berkembang
·        Gereja Kristus mulai terbit di tengah bangsa Yahudi
·        Sejak peristiwa penawanan ke Babel, orang-orang Yahudi hidup terserak-serak di luar Negara mereka
·        Di perkirakan bahwa saat itu jumlah orang Yahudi yang tinggal ditanah airnya (Palestina) hanya sekitar 1jt orang, sedangkan yang berada di luar sekitar 6jt orang yang hidup merantau sebagai pedagang di negara-negara bagian Timur laut tengah
·        Orang-orang Yahudi yang tinggal di luar Palestina inilah yang kelak menjadi sasaran pekabaran Injil Paulus dan kawan-kawannya(Kis.11)
Perkembangan Gereja Mula-Mula
·        Gereja lahir pada hari keturunan roh kudus, pada hari raya pentakosta di Yerusalem(kis.2)
·        Murid-murid di penuhi oleh Roh Kudus sehingga mereka berani memberitakan keselamatan yang di karuniakan Tuhan kepada dunia, sehingga terbentuklah jemaat-jemaat kecil
·        Pada awal terbentuknya kumpulan jemaat kecil ini, nampaknya seperti sekter dari agama yahudi karena banyak orang Kristen yang masih mengunjungi Bait Allah serta taat kepada taurat Musa
·        Tetapi perbedaan lain saat orang Kristen mengajarkan mengenai Yesus dari Nazaret sebagai Mesias/Juruselamat yang di nantikan itu.
·        Kitab Kisah Para Rasul menggambarkan jemaat mula-mula sebagai perkumpulan orang percaya yang hiduup indah, penuh sukacita, penuh cinta kasih dan kebenarian serta kesucian (Kis.2:44). Beberapa anggota jemaat juga memiliki karunia-karunia tertentu
·        Pada awal kehadirannya, orang Kristen mula-mula yang berkumpul di yerusalem belum menyadari panggilannya untuk membawa Injil kesekitar mereka juga
·        Kesadaran mulai muncul saat terjadinya penganiayaan dari orang Yahudi dan Sanhendri (melalui pembunuhan Stefanus, Kis. 7) maka mereka laari kemana-mana dan secara tidak langsung mulailah persebaran Injil padda bangsa-bangsa lain(Kis.8)
Tantangan Eksternal
1.      Penganiayaan Gereja oleh Kaisar Nero
·        Menyuruh membakar kota Roma dan mengkambinghitamkan orang Kristen menjadi penyebab kebakaran tersebut
·        Melemparkan orang Kristen dalam Koloseum lalu mengeluarkan singa, harimau untuk menerkam orang-orang Kristen
·        Orang Kristen di bungkus dengan kulit binatang lalu dikeringkan  sehingga mati
·        Orang Kristen dibiarkan diterjang banteng
·        Orang Kristen dijadikan sebagai obor dengan cara disiram minyak lalu di bakar pada malam hari
·        Menurut tradisi, Paulus dan Petrus mati pada masa Nero, thn 68 Masehi

2.      Penganiayaan Gereja oleh kaisar Titus Flafius Domitianus Augustinus
·        Menganiaya orang Kristen karena takut kerajaannya tersaingi dengan Kerajaan Kristus yang diberitakan oleh orang Yahudi Kristen.
·         Membunuh istrinya yang dianggap Kristen.
·         Membunuh keponakannya yang dianggap Kristen.
·        Membunuh menantunya yang dianggap Kristen
·        Ketika hendak memasukkan rasul Yohanes ke dalam minyak yang mendidih terjadilah guntur dan halilintar, ia takut dan melepaskan Yohanes dan memenjarakan di Pulau Patmos.
UPAYA GEREJA MENJAWAB TANTANGAN EKSTERNAL
      Beberapa orang kristen yang terpelajar menyusun buku pembelaan (apologi) untuk menangkis fitnah dan tuduhan palsu yang dikemukakan oleh para penentang kekristenan
      Yang terkenal dari berbagai tulisan pembelaan tersebut adalah tulisan Justinus
Isi tulisan apologi itu umumnya adalah :
·        Menyangkal tuduhan salah terhadap kepercayaan dan kelakuan kaum Kristen
·        Membuktikan kebenaran  ajaran Injil
·        Membentangkan kebodohan dan dosa agama kafir
Tantangan Internal Gereja Mula-mula dari Kelompok ajaran sesat yang mengancam Gereja mula-mula
Gnostik (Kata Gnostik bersal dari kata Yunani ‘gnosis’ yang berarti pengetahuan (hikmat) tertinggi yang bersifat rahasia..
Ajaran-ajaran Gnostik  diantaranya sbb:
   a). Allah  tidak mempunyai hubungan dengan dunia ini. Dunia yang penuh penderitaan dan kejahatan tidak mungkin diciptakan oleh Allah yang Mahabaik, Mahakasih, Mahatahu.
b). Dunia yang penuh kegelapan ini  dijadikan oleh suatu ilah yang lain yang dinamakan  Demiurgos. Ilah inilah yang diberitakan oleh PL. Jadi ilah ini lebih rendah daripada Allah atau disebut malaikat bawahan. Gnostik mempertentangkan Allah dalam PL dan PB.
   c).Kristus diutus oleh Allah Yang Mahatinggi dan bukan oleh Allah Pencipta (Demiurgos). Kristus tidak menjelma, melainkan Ia memakai tubuh maya saja, sehingga pura-pura Ia mati di kayu salib (Doketisme).
Ajaran Marcion:
1). Allah PL dan PB berbeda, yakni :
      Allah PL adalah pencipta dunia yang penuh kejahatan, dia juga kurang sempurna
      Allah PB adalah Allah pelepas yang mengasihi manusia. Inilah Allah yang benar.
  2). Alkitab yang diterima hanya Injil Lukas & surat-surat Paulus (dalam PB), sedangkan PL ditolak
Pertahanan  Gereja melawan tantangan Internal
1.      Kanon (Daftar Kitab-kitab yang menjadi ukuran  hidup)
2.      Pengakuan Iman Rasuli
3.      Jabatan Uskup
PERDEBATAN TENTANG TRINITAS
      Pokok perdebatan mengenai Trinitas adalah mengenai bagaimana hubungan antara Kristus dengan Allah dan Roh Kudus
       Perdebatan mengenai Trinitas tersebut telah dimulai pada abad-abad pertama oleh Origenes dengan Irenaeus
      Origenes berpandangan bahwa Kristus hanya “setengah Allah” saja. Kristus juga lebih rendah daripada Allah.
Sedangkan, Irenaeus berpandangan bahwa Kristus adalah Allah sepenuhnya. Perdebatan antara Origenes dan Irenaeus tidak terselesaikan karena pada periode tersebut gereja masih sibuk mengatasi tantangan eksternal
      Namun, perdebatan mengenai Trinitas terus berlanjut sampai pada tahun 315.
      Perdebatan tersebut terjadi antara Arius dari Alexandria (yang meneruskan pandangan Origenes) dengan Athanasius (yang meneruskan pandangan Irenaeus).
      Pandangan Ariua adalah :
1.      Kristus bukan Allah, Kristus tidak kekal
2.      Kristus berada di bawah Allah
3.      Kristus adalah mahluk Tuhan yang pertama. Ia salah seorang malaikat tertinggi yang diangkat menjadi anak Allah
      Pandangan Arius ditentang oleh Athanasius yang berpandangan bahwa:
1.      Kristus adalah Allah
2.      Kristus tidak boleh dibedakan dari Allah
AKIBAT PERDEBATAN
      Perdebatan mengenai tabiat Kristus mengakibatkan pengikut-pengikut yang ekstrem dari Nestorius dan Cyrillus memisahkan diri dari gereja dan membentuk gereja-gereja baru
      Kaum Nestorian melarikan diri ke wilayah Persia dan membentuk gereja Nestorian
      Sedangkan, kaum Monofisit melarikan diri ke Mesir lalu mendirikan gereja Koptik dan ke Siria lalu mendirikan gereja Yakobit.
MUNCULNYA GEREJA BARAT dan GEREJA TIMUR

Thomas van Den End memberikan pengertian:
      Gereja Barat berarti gereja yang suasananya dipengaruhi oleh pendapat& pandangan  yang timbul di wilayah kekaisaran Romawi bagian barat (Gereja Katolik Roma & Gereja Protestan)
       Gereja Timur berarti gereja yang dipengaruhi oleh pendapat&pandangan yang timbul di wilayah kekaisaran Romawi bagian timur (Gereja Ortodoks Timur, Gereja Nestorian, Gereja Monofisit)
      Awal mula pembagian Gereja Timur maupun Gereja Barat sesungguhnya dimulai dari perbedaan pendapat antara gereja-gereja tersebut mengenai beberapa hal
      Perbedaan pendapat tersebut semakin memuncak pada tahun 1054 saat pimpinan gereja Timur dan gereja Barat saling mengekskomunikasi satu dengan yang lainnya
      Beberapa perbedaan pendapat antara gereja Barat dan Gereja Timur  antara lain :
TOKOH-TOKOH TEOLOGI GEREJA BARAT

AMBROSIUS
·        Negara harus mendukung gereja Kristen menindas warga-warga negara yang berkeyakinan lain

AUGUSTINUS
·        Setiap orang percaya memiliki dua kewarganegaraan yaitu warga negara di dunia dan warga negara kerajaan sorga
Jika dikaitkan dengan gereja masa kini orang-orang/jemaat gereja mulai dipengaruhi  oleh perkembanngan zaman sehingga membuat pemimpin-pemimpin gereja tidak berani mengecam dosa: percabulan, mabuk, judi,zinah, pesta pora! Yang seharusnya peran gereja mampu menjangkau orang yang belum percaya dibawah kepada Kristus. Namun saat ini jika dilihat gereja-gereja sudah jauh dari tugas dan tanggung jawab yang sesungguhnya.


AUTHOR :
Nama: Liliani Sarni Pasa
Kelas : D Teologi
NIRM:2020175063
Tugas: SGU 1(UTS)
0 Comments for "Konteks dunia tempat gereja lahir"

Back To Top